2014, Tahunnya Bangkit dan Bersatu!

SELASA pagi sehari jelang pergantian tahun dari 2013 menuju 2014, suasana Kolam Ulin Arya di Jl PM Noor Samarinda milik Komisaris Utama kami H Achmad Husry, sebelum pukul 06.00 Wita sudah mulai ramai didatangi satu demi satu karyawan dari tiga perusahaan tempat kami bekerja selama ini, PT Bara Kumala, PT Aditama Energi dan PT Sinet plus perwakilan dari kolega perusahaan yaitu PT Peta Bumi Etam dan PT Sima Elek.

Pagi itu kami datang dengan satu tekad, bangkit dan bersatu! Ya, seiring dengan diberlakukannya Undang-Undang Mineral dan Batubara (UU Minerba) No 4 tahun 2009, ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK) menghantui pengusaha pertambangan di tahun 2014 termasuk perusahaan kami. Tapi seluruh jajaran manajemen dan direksi serta staf perusahaan sudah membulatkan tekad untuk menjadi tahun 2014 ini bangkit dan bersatu demi majunya perusahaan tempat kami bekerja.

Beberapa jam jelang pergantian tahun dijadikan momen yang pas untuk merefleksikan diri terhadap perjalanan perusahaan sepanjang tahun 2013 yang dipenuhi suka duka, halangan namun tetap ada keberhasilan yang mengiringi.

Seluruh direksi dan manajemen serta karyawan perusahaan dengan jumlah total mencapai 250 orang berkumpul di bawah tenda besar putih dengan desain sederhana. Mendung dan hujan rintik mulai terasa saat kami berkumpul, namun tak menghilangkan kehangatan dan keakraban yang terjalin. Diawali dengan senam bersama di atas hamparan rumput hijau, semangat kami bergelora. Hentakan irama dipandu tiga instruktur senam yang terus memberikan semangat melalui gerakan impresif dan teriakan membahana membuat suasana pagi yang dingin dan rintik hujan menjadi hangat. Setengah jam bergerak bersama, kami berkumpul lagi di bawah tenda untuk mendengarkan masukan dan suntikan motivasi dari komisaris utama kami. Setahun berlalu kami memang merindukan suasana kebersamaan disertai petuah penambah motivasi kerja dari petinggi perusahaan terutama komisaris utama kami.

“Tahun 2014 pasti bukan tahun yang mudah karena banyak peraturan baru yang dikeluarkan dari pemerintah terkait dengan perusahaan pertambangan, tapi yakinkan diri kita bisa bersama dan bersatu untuk melewati itu semua seperti yang kita lakukan diawal membangun perusahaan dan di tahun 2013 lalu,” papar Komisaris Utama kami.

Yang terpenting yang harus dilakukan saat ini adalah loyalitas dan dedikasi seluruh karyawan untuk membesarkan perusahaan melalui kerja keras dan kekompakan karena kalau itu bisa dilakukan maka selanjutnya tinggal menunggu restu dari Yang Maha Esa supaya kami bisa bertahan ditengah ancaman krisis yang bakal menimpa banyak perusahaan tambang batubara di tahun 2014, tahunnya Kuda Api ini.

Teriakan “Bangkit…!” “Bersatu…!” disambut dengan teriakan “Yes…!” dan “Siap…!” dari kami seolah ingin membuktikan keinginan untuk mewujudkan harapan agar tahun 2014 bisa lebih baik dari tahun 2013 yang baru saja lewat. Tentu saja dengan kerja keras dari kami semua keyakinan untuk meraih itu semua bisa tercapai.

Komitmen dari para direktur tiga perusahaan masing-masing PT Bara Kumala, PT Aditama Energi dan PT Sinet disertai penandatanganan komitmen tersebut di atas selembar kertas dan diperlihatkan kepada kami yang hadir menandai kerja keras yang harus kami lakukan sepanjang tahun 2014 ini.

Setelah penandatanganan komitmen bersama tersebut, hiburan berupa musik elektun dan makan pagi khas Kota Tepian seperti nasi kuning, katupat kandangan dan sajian lainnya langsung jadi santapan kami. Hujan semakin deras namun games antarkaryawan sudah menanti untuk digelar. Bermodalkan jas hujan, kami kembali ke lapangan rumput hijau untuk “duel” dalam tiga games yang dimainkan, yaitu jepit timun, ular naga dan sambung tali. Seluruh direksi dan karyawan bergabung dalam games ini yang semuanya terdiri dari 12 kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang. Hujan lebat mengguyur namun suasana di atas lapangan tetap meriah, berlangsung sekitar satu jam. Untuk games ini ada hadiah berupa uang tunai yang disiapkan dengan nilai bervariasi untuk juara pertama, kedua dan ketiga. Pasca games selesai dengan sebagian baju dan celana serta sepatu yang basah kami kembali kumpul di bawah tenda.

Yang paling dinanti adalah pembagian doorprize yang disediakan manajemen mulai dari hadiah terkecil seperti payung dan setrika sampai hadiah besar berupa kulkas dan mesin cuci serta hadiah utama sepeda motor, masih ditambah uang tunai sebesar Rp20 juta bagi karyawan yang paling beruntung. Diselingi musik dan goyangan heboh beberapa karyawan, acara berakhir pukul 12.00 Wita siang hari. Sebelum kembali ke kediaman masing-masing perusahaan kami memberikan bonus kepada seluruh karyawan dan kami pun pulang dengan hati senang dan puas usai mengikuti seluruh kegiatan hari itu. (*)

One thought on “2014, Tahunnya Bangkit dan Bersatu!

  1. Tahun 2014 telah mendekati tutup buku, hasil produksi maupun penjualan telah melampaui 1,4 juta ton batubara. Target awal memang terlanpaui, namun kita belum mampu mendekati target yang direvisi. Puji TUHAN…

    Kerugian akibat kecelakaan masih cukup besar; dan ini merupakan peluang perbaikan yang harus terus menerus diupayakan oleh SINERGI 3. Se Puede, dalam bahasa Spanyol, “yes,we can”, dalam bahasa kita: Bersama Kita Bisa.

    Dengan Bangkit!Bersatu kita semua SINERGI 3 dapat bertransformasi from GOOD to GREAT demi meraih visi kita bersama:

    Sahabat Lingkungan.

    Semoga…… semoga…… salaam SINERGI 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *