Makan Bersama, Menjaga Kebersamaan

MEMBERIKAN perhatian lebih, itulah yang ingin kami tunjukan kepada karyawan terutama yang setiap hari bergelut dengan debu dan suara bising di lapangan. Untuk itulah Selasa, 18 Maret 2014 lalu jajaran manajemen berinisiatif untuk menggelar acara makan siang bersama di job site Anggana, Kutai Lama, tepatnya di depan kantin yang selama ini jadi pusat kegiatan saat istirahat karyawan.

Pukul 12.00 Wita, seluruh karyawan dari tiga perusahaan masing-masing PT Bara Kumala, PT Aditama Energi dan PT Sinet berkumpul di depan kantin di bawah naungan tenda sederhana. Inilah momen untuk pertama kalinya bagi kami menggelar makan bersama di luar kegiatan formal seperti hari ulang tahun atau buka puasa dan silaturahmi usai Lebaran yang jadi agenda rutin tiap tahun.

“Ini sebagai bentuk perhatian manajemen dan direksi kepada karyawan. Sesekali kita makan bersama dengan makanan yang enak di tempat kerja demi menjaga kebersamaan. Manajemen dan direksi memahami kalau karyawan di lapangan adalah ujung tombak perusahaan,” itulah paparan Direktur Utama PT Bara Kumala H Romli dihadapan ratusan karyawan yang tampak semringah dengan kegiatan yang tentunya tak mereka sangka hari itu.

Direktur Umum H Saptono, Kepala Bagian HRD Dewi Sukiyati, Manajer Site M Ihsan dan petinggi perusahaan lainnya berbaur pada kegiatan siang itu. Agenda makan siang bersama ini diusahakan berlangsung sebulan sekali yang tentunya dengan menu makan berbeda dari apa yang mereka makan sehari-hari. “Dengan gizi yang baik, tentu kinerja juga bisa lebih baik. Manajemen dan direksi ingin meningkatkan kinerja karyawan melalui makananan yang memenuhi unsure gizi dan kesehatan yang baik. Bukan berarti selama ini tidak baik, tapi ini lebih ditingkatkan,” imbuh H Romli lagi.

Pada kesempatan tersebut Direktur Utama kami menyampaikan pentingnya bersinergi demi mencapai tujuan, mengingat bulan Maret jadi awal pencapaian target produksi sebesar 175 ribu metriks ton. Direktur Utama kami meminta semua karyawan menunjukkan kerja professional demi mencapai target yang diinginkan tersebut. “Kalau soal mampu kami dari jajaran direksi dan manajemen tak ragu, semua pasti mampu, tapi yang diperlukan tak sekadar mampu, karena target  harus bisa tercapai itu lebih penting. Semua harus mendukung itu demi target yang ingin kita capai bersama,” kata H Romli.

Setelah Direktur Utama PT Bara Kumala, bergantian Direktur Utama PT Aditama Energi melalui H Taufik Erlangga dan Direktur Utama PT Sinet H Zulkarnain yang memberikan sambutan, dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh ustadz dari Kutai Lama yang kami datangkan ke acara tersebut baru digelar makan bersama.

Suasana di dalam kantin begitu heboh begitu karyawan melihat udang besar, ayam bakar dan ikan bakar serta ikan goreng juga buah-buahan tersaji, sesuatu yang jarang mereka lihat disaat makan siang. Kami pun merasa senang bisa memberikan kebahagiaan kepada mereka yang bekerja di lapangan dan tujuannya jelas, demi kesejahteraan perusahaan dengan muaranya kesejahteraan karyawan serta kesejahteraan bersama. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *